PERMAINAN BINGO SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN ANAK GANGGUAN SPEKTRUM AUTIS

  • AISYAH ROESADI PUTRI
  • FEBRITA ARDIANINGSIH

Abstract

Penelitian ini dibangun pada keyakinan bahwa dengan menggunakan permainan bingo maka kemampuan dalam mengenal lambang bilangan pada anak dengan gangguan spektrum autis dapat mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang permainan bingo sebagai strategi peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan anak dengan gangguan spektrum autis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dari jurnal-jurnal yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dalam memecahkan masalah. Hasil kajian diperoleh bahwa penerapan permainan bingo dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak dengan spektrum autis. Anak menjadi lebih tertarik dalam kegiatan belajar mengajar, menjadi aktif dalam proses pembelajaran, suasana kelas menjadi lebih hidup, anak tidak merasa bosan selama proses pembelajaran, dan permainan bingo sesuai dengan karakteristik anak dengan gangguan spektrum autis karena berbasis visual. Beberapa strategi yang dapat dilakukan sebagai penyesuaian agar anak lebih tertarik dalam penerapan permainan bingo yaitu memberikan reward saat anak melakukannya dengan baik dan benar, mengubah papan bingo dengan menambahkan gambar disertai permainan warna yang dapat menarik perhatian anak.

Kata Kunci: permainan bingo, lambang bilangan, gangguan sprektrum autis.
Published
2020-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 0