PERANAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR IPA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • NURDIANA FAJARWATI
  • BUDIYANTO

Abstract

Anak tunagrahita ringan perlu diajarkan kemampuan mengenal hewan, agar anak paham perbedaan mendasar antara hewan peliharaan dan hewan liar. Pemahaman anak dapat ditingkatkan melalui pembelajaran di sekolah dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peranan metode ekspositori terhadap kemampuan belajar IPA pada anak tunaghrahita ringan. Jenis penelitian ini yaitu studi kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ini yaitu jurnal terkait metode ekspositori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan menjaga ketepatan dalam pengkajian dilakukan pengecekan ulang antar pustaka. Hasil penelitian metode ekspositori berperan penting dalam pembelajaran IPA mengenal hewan peliharaan dan hewan liar pada anak tunagrahita ringan dengan menerapkan prosedur pengajaran metode ekspositori dengan tepat oleh guru kepada anak tunagrahita ringan agar dapat memahami setiap materi yang diajarkan.

Kata kunci: Metode Ekspositori, Kemampuan belajar IPA, Tunagrahita Ringan.
Published
2020-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 152
PDF Downloads: 0