IMPLEMENTASI METODE UMMI-AUDIO TAKTIL DALAM MENINGKATKAN KEFASHIHAN MEMBACA AL-QURAN ANAK TUNANETRA
Abstract
Anak tunanetra mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an secara fashih. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan metode ummi-audio taktil dalam meningkatkan kefashihan membaca Al-Qur’an bagi anak tunanetra. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, yang dilakukan dengan menganalisa, mengevaluasi, dan memadukan penelitian, teori, serta praktik dari penelitian yang sesuai dengan topik pembahasan. Hasil yang diperoleh dari studi literatur review menunjukkan bahwa metode ummi-audio taktil dapat meningkatkan kefashihan dalam melafalkan dan mengintonasikan (mizan) setiap huruf Al-Qur’an berdasarkan tempat keluarnya (makharijul huruf) serta cara membaca Al-Qur’an (shifatul huruf) pada anak tunanetra.
Kata Kunci : Membaca Al-Qur’an, Metode Ummi-Audio Taktil, Anak TunanetraPDF Downloads: 0