METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA

  • RACHMA NOVITA SARI
  • YULIYATI

Abstract

Abstrak
Anak disleksia mengalami kesulitan dalam membaca yang berakibat tidak mampu membaca dengan lancar. Oleh sebab itu, pembelajaran anak disleksia diberikan dengan metode yang menarik, salah satunya mengguakan metode multisensori yang terdapat pada sensor tubuh penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman, kinestetik, dan pengecapan dalam pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk menganalisis metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitaif systematic review. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penulusuran dari berbagai referensi. Hasil analisis data dari 10 referensi menunjukkan peningkatan dengan diterapkannya metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia dengan perolehan klasifikasi terendah 15,7%, tertinggi 89,6% dengan rata-rata sebesar 39,9%.
Kata Kunci : disleksia, metode multisensori, membaca
Published
2020-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 0