STUDI LITERATUR PENGARUH AUDITORY-VERBAL THERAPY (AVT) PADA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK TUNARUNGU

  • Okky Wiranda S1 Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Masitoh Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Literatur review ini berfokus pada mengkaji peranan AVT untuk anak tunarungu, terutama pada perkembangan bahasa anak. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peranan AVT pada perkembangan bahasa anak tunarungu, tujuan dicapai dengan membuktikan peranan serta keefektifan metode pada temuan literatur. Metode pada penelitian ini adalah dengan menggunakan literature review melalui pengumpulan data-data melalui buku, e-jurnal nasional dan/atau e-jurnal internasional, dan prosiding yang sudah terindeks yang membahasa mengenai pengaruh AVT pada anak tunarungu. Hasil penelitian ini adalah AVT dapat memberikan dampak positif pada 4 poin utama yaitu aspek kemampuan mendengar, kemampuan berbicara, perkembangan berbahasa dan prestasi akademik pada anak tunarungu.

Published
2021-12-03
Abstract View: 147