TEKNOLOGI ASISTIF SPEECH-TO-TEXT (STT) PADA EKSPRESI TULIS “MENGENAL METAMORFOSIS HEWAN” ANAK KESULITAN BELAJAR
Abstract
Penggunaan teknologi asistif memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran bagi siswa dengan kesulitan belajar khususnya menulis. Kesulitan dalam mengekspresikan ide ke dalam tulisan tangan mempengaruhi pembelajaran menulis IPA dalam mendeskripsikan proses metamorfosis hewan. Penulisan artikel bertujuan untuk menganalisis secara deskriptif teknologi asistif speech-to-textpada ekspresi tulis “mengenal metamorfosis hewan” anak kesulitan belajar. Desain penelitian ini menggunakan metode literature review dan di analisis menggunakan teknik data kualitatif denganmengkaji kumpulan literatur terkait sebagai sumber data. Terdapat 28 artikel (23 artikel internasioanl dan 5 artikel nasional) dengan membahas tema yang sejenis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi asistif speech-to-textdapat membantu anak kesulitan belajar melakukan kegiatan menulis ekspresif secara mandiri menjadi lebih panjang, lebih komplek dan lebih sedikit mengandung kesalahandalam penulisan ejaan.