MPLEMENTASI METODE SQ3R DALAM KETERAMPILAN MEMBACA NOVEL BAGI TUNANETRA

  • Tutik Muliani Universitas Negeri Surabaya
  • Pamuji Pamuji Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi metode SQ3R untuk individu tunanetra. Penelitian dilakukan berdasarkan fakta dibutuhkannya solusi agar tunanetra mampu memahami isi bacaan novel secara maksimal. Metode penelitian studi literatur ini menggunakan protokol penelitian FIP UNESA yang meliputi pencarian data, pemilihan data dan analisa data. Pencarian data dilakukan dengan mencari jurnal terakredreditasi nasional maupun internasional pada platform digital seperti Google Scholar, Science Direct, Springer, SINTA, GARUDA dan Crossref. Data ini kemudian dipilah berdasarkan kriteria yang ditentukan untuk selanjutnya dianalisa menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur implementasi metode SQ3R dalam keterampilan membaca novel pada tunanetra dapat dilakukan dengan sebagai berikut: (1) Survey, dilaksanakan dengan membaca bagian awal novel, seperti judul novel, nama pengarang, penerbit, synopsis, dan daftar isi; (2) Question, merupakan proses pengajuan pertanyaan baik lisan maupun tulisan. (3) Read, proses membaca secara keseluruhan dengan tambahan durasi waktu yang lebih lama bagi tunanetra dan cara membaca yang disesuaikan dengan kondisi tunanetra yang mana dapat menggunakan braille, audio, maupun buku digital (ebook); (4) Recite, dalam tahap ini, dilakukan proses menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman yang bersifat imaginasi visual yang ada dalam novel; (5) Review, merupakan prosedur peninjauan kembali isi bacaan dengan menggunakan Bahasa sendiri baik lisan maupun tulisan.

Author Biographies

Tutik Muliani, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa

Pamuji Pamuji, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa

Published
2021-12-03
Abstract Views: 128