STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK HADRAH SISWA TUNANETRA DI SLB NEGERI GEDANGAN

  • Mochammad Ubaidillah Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Joeda Andajani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni musik hadrah bagi siswa tunanetra di SLB Negeri Gedangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada subyek yaitu kepala sekolah, guru kesenian, dan guru hadrah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik hadrah masuk pada mata pelajaran SBdP yang dilaksanakan dengan metode demonstrasi, drill dan kooperatif. Materi yang diberikan terdiri atas vokal dan musik yang bermedia bass, bass tam, keplak, tamborin, rebana dan keyboard piano. Siswa tunanetra dapat mengikuti pembelajaran seni musik hadrah dengan baik serta dapat menyesuaikan dengan materi dan alat musik hadrah yang digunakan, hal ini ditunjukkan dari performa siswa tunanetra yang mampu memahami materi vokal dengan baik yaitu pelafalan teks sholawat, kesesuaian nada, tempo, powerdan kesesuaian dengan musik. Selain itu siswa dapat mengenal materi musik hadrah di antaranya yaitu akurasi dan bunyi pukulan, kesesuaian dengan rumus hadrah, power, tempo, dan kesesuaian dengan vokal.

Author Biographies

Mochammad Ubaidillah, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa

Sri Joeda Andajani

S1 Pendidikan Luar Biasa

Published
2021-12-03
Abstract Views: 133