LITERATURE REVIEW: PENGGUNAAN TEKNOLOGI ASISTIF DALAM AKTIVITAS LITERASI BACA-TULIS DISLEKSIA

  • Evi Nur Humaidah Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliyati Yuliyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Defisit keterampilan literasi baca-tulis dasar individu Disleksia memerlukan intervensi yang tepat dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan teknologi asistif dalam aktivitas literasi baca-tulis Disleksia. Metode penelitian literature review digunakan dengan rangkaian prosedur meliputi penentuan topik dan judul; perumusan masalah; penentuan kata kunci, kriteria inklusi, kriteria eksklusi dan database; penyaringan data; analisis literatur secara deskriptif kualitatif; dan pelaporan hasil. Literatur diakses dari database elektronik Science Direct, Research Gate, Elsevier, Academia, IEEE dan Google Scholar. Sebanyak 37 artikel diseleksi dan diperoleh 28 artikel yang lebih sesuai dengan topik penelitian. Setelah diseleksi lebih lanjut, diperoleh 17 artikel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian studi literatur ini menunjukkan pentingnya penggunaan alat bantu berupa teknologi asistif dalam aktivitas literasi baca-tulis Disleksia.

Author Biographies

Evi Nur Humaidah, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa

Yuliyati Yuliyati, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa

Published
2021-12-03
Abstract View: 53