IMPLEMENTASI PROGRAM VOKASI MEMBATIK SHIBORI SISWA SPEKTRUM AUTIS
Abstract
Pembelajaran program vokasi bagi siswa spektrum autis diperlukan dalam meningkatkan keterampilan memperoleh pekerjaan dan hidup secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran program vokasi membatik shibori siswa spektrum autis di SLB PK Harapan Mulya YPD Dawar Blandong Mojokerto, untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran program vokasi di sekolah, mengetahui upaya sekolah dalam mengatasi faktor penghambat pembelajaran program vokasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara dan observasi dengan kepala sekolah dan guru vokasi. Data tersebut kemudia di analisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, data display, dan verifikasi data. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa proses implementasi program vokasi membatik shibori di SLB PK Harapan Mulya YPD Dawar Blandong Mojokerto dilaksanakan melalui tiga tahapan yakni, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan evaluasi program. Faktor pendukung implementasi program vokasi meliputi dukungan pihak sekolah, penguatan SDM yang terlibat, networking, serta pembinaan secara berkala. Faktor penghambatnya adalah suasana hati siswa spektrum autis, respon siswa spektrum autis saat pembelajaran berlangsung, serta keterbatasan jumlah guru vokasi. Upaya dalam menangani faktor pengambat berupa disediakannya guru pendamping pada setiap kelas vokasi dan guru menyesuaikan kebutuhan siswa yang berbeda.
Downloads
Published
Issue
Section
