MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BINA DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • Lenny Arta Febriana Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Widajati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran keterampilan bina diri dibutuhkan bagi tunagrahita. Hambatan intelektual di bawah rata-rata yang dimiliki tunagrahita mengakibatkan permasalahan pada aspek kemandirian anak, sehingga perlu diterapkan pembelajaran bina diri dengan menggunakan media audio vusial sesuai dengan kondisi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media audio visual dalam pembelajaran bina diri tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mereview dan menganalisis artikel yang mengkaji topik berkaitan serta mengadakan studi penelaahan buku. Adapun hasil analisis menunjukkan media audio visual yang dikemas dalam video animasi bina diri dapat membelajarkan tunagrahita ringan. Kesimpulan dari analisis tersebut menunjukkan bahwa media audio visual dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bina diri tunagrahita ringan.

Author Biographies

Lenny Arta Febriana, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wiwik Widajati, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-04-04
Abstract Views: 215