MEDIA VIDEO CERITA FABEL UNTUK KETERAMPILAN MENULIS ANAK SPEKTRUM AUTIS

  • Nanda Ula Qurta Ayuna Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Pamuji Pamuji Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta bahwa anak spektrum autis kesulitan untuk menulis. Sehingga diperlukan media agar dapat meningkatkan keterampilan menulis anak spektrum autis. Salah satunya adalah media audiovisual berupa video cerita fabel. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media video cerita fabel dalam pembelajaran menulis cerita bagi anak spektrum autis. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang menganalisis beberapa artikel pada jurnal nasional dan internasional serta temuan sebelumnya yang berkaitan dengan judul penelitian. Pencarian data dilakukan dengan mengakses platform digital terindeks yakni SINTA, Garuda, Science Direct, Crossref Metadata, maupun Google Scholar. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara keterampilan menulis cerita anak spektrum autis yang diajarkan menggunakan media video fabel dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penggunaan media video cerita fabel dapat menstimulasi belajar menulis, tidak hanya belajar menulis setiap huruf tetapi juga urutan yang benar untuk menghasilkan sebuah kata dan kalimat dalam menulis cerita. Anak spektrum autis yang tidak dapat secara mandiri menulis cerita, dapat menulis dengan lancar, terbaca dan ada peningkatan pada sejumlah dimensi penulisan seperti urutan, ukuran dan perataan huruf dalam menulis cerita.

Author Biographies

Nanda Ula Qurta Ayuna, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pamuji Pamuji, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-04-04
Abstract Views: 91