PEMBELAJARAN ONLINE SELF CARE TUNAGRAHITA DI TAIWAN DAN INDONESIA
Abstract
Pembelajaran self care penting bagi tunagrahita terpaut memiliki keterbatasan intelektual yang dapat mempengaruhi segala aspek. Self care merupakan kebutuhan semua individu normal maupun individu yang memiliki keterbatasan, termasuk tunagrahita. Perawatan diri dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup serta mencegah ketergantungan perawatan diri. Tujuan pada penelitian ini adalah menganalisis pembelajaran online self care tunagrahita di Taiwan dan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur review dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data studi literature yang terdiri dari 16 jurnal international dan nasional yang relevan. Pembahasan dalam pengkajian yang dilakukan pada penelitian ini
mendeskripsikan proses pembelajaran online self care tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Taiwan dan Indonesia memiliki cara tertentu dalam memberikan pembelajaran online self care untuk tunagrahita. Adapun cara pelaksanaan pembelajaran online self care tunagrahita berdasarkan kesimpulan bahwa, kedua negara melalui pemberian media pembelajaran video animasi, game, video 3D, tutorial, multimedia interaktif berbentuk audio visual dan dukungan dari lingkungan terdekat, media yang disesuaikan dengan kebutuhan anak, pelaksanaan pembelajaran dengan metode yang tepat serta pemberian reward dan motivasi.
Kata kunci : pembelajaran online, self care, tunagrahita
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 58