KETERAMPILAN LIFESKILL MENANAM SAWI DENGAN HIDROPONIK WICK SYSTEM UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • Inggil Milyantika S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mahmudah S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak tunagrahita ringan memiliki gangguan intelektual, fisik, emosional, atau sosial. Meskipun mereka memiliki kekurangan, anak tunagrahita ringan tetap memiliki kapasitas untuk memperluas keterampilan lifeskill menanam sawi dengan hidroponik wick system. Melalui studi pustaka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketermpilan lifeskill menanam sawi dengan hidroponik wick system anak tunagrahita ringan dapat melakukan atau tidak. Penelitian ini mengkaji 10 jurnal di antaranya 7 jurnal nasional, 3 jurnal internasional. yang membahas tentang tema sejenis, setelah dilakukan uji linieritas substansi, diperoleh data bahwa anak tunagrahita ringan mampu melakukan keterampilan lifeskill menanam sawi hidroponik dengan menggunakan wick system. Perolehan data menggunakan deskriptif kulitatif. Berdasarkan hasil analisis menanam sawi dengan hidroponik wick system sangat sederhana, tidak memerlukan perawatan khusus,mudah dalam penanamannya dan juga sangat cocok untuk ruangan terbatas. Oleh karena itu, pendampingan dari sekolah dan orang tua anak tunagrahita ringan sangat dibutuhkan untuk mendorong mereka untuk mengembangkan keterampilan lifeskill di masa depannya dengan kegiatan yang berhubungan dengan menanam tanaman hidroponik dengan wick system.

Author Biographies

Inggil Milyantika, S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Mahmudah, S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-04-04
Abstract Views: 52