PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PENYIMPANGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA TUNAGRAHITA

  • Faradila Aulia S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mahmudah S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peran lingkungan keluarga terutama orang tua sebagai pendamping dalam meminimalisir adanya penyimpangan perilaku seksual pada remaja tunagrahita erat kaitannya dengan pola asuh yang diterapkan. Penyimpangan perilaku seksual yang sering terjadi pada remaja tunagrahita diantaranya memegang alat vital di tempat umum, onani atau masturbasi di tempat umum, memegang alat vital orang lain, memeluk lawan jenis, dan mencium lawan jenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran lingkungan keluarga terutama orang tua dalam meminimalisir adanya penyimpangan perilaku seksual remaja tunagrahita. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kepustakaan atau library research. Data dalam penelitian kepustakaan ini diperoleh melaui teknik pengumpulan data studi literatur yang bersumber dari 4 jurnal internasional, 11 jurnal nasional, dan 1 buku. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan teknik critical appraisal. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa remaja tunagrahita memiliki berbagai perilaku seksual menyimpang diantaranya memegang alat vital di tempat umum, onani atau masturbasi di tempat umum, memegang alat vital orang lain, mememluk lawan jenis, dan mencium lawan jenis sehingga peran lingkungan keluarga terutama orangtua berkompetensi dalam melakukan pendampingan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga memiliki peran penting sebagai pendamping dalam meminimalisir adanya penyimpangan seksual pada remaja tunagrahita.

Author Biographies

Faradila Aulia, S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Mahmudah, S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-04-04
Abstract Views: 109