MEDIA MATHEMATICAL INTELLIGENCE STICK DALAM PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PADA ANAK TUNAGRAHITA

  • Izza Afifah Fatihatur Rahmah S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Widajati S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak tunagrahita memiliki kecerdasan intelektual di bawah rata-rata, hal ini berdampak pada kemampuan operasi hitung yang dimilikinya. Operasi hitung merupakan salah satu kemampuan yang berperan penting pada anak tunagrahita dalam meningkatkan kemandirian dan menyelesaikan masalah pada kehidupan sehari-hari. Kemampuan operasi hitung perlu diajarkan pada anak tunagrahita, dalam mengajarkan operasi hitung pada anak tunagrahita dibutuhkan media pembelajaran konkret untuk memudahkan anak memahami informasi abstrak, salah satu media yang digunakan yaitu media mathematical intelligence stick. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media mathematical intelligence stick dalam pembelajaran operasi hitung pada anak tunagrahita. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu literature review dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengkaji 15 jurnal diantaranya 9 jurnal internasional dan 6 jurnal nasional yang berkaitan dengan penelitian. Hasil analisis menunjukan bahwa media mathematical intelligence stick merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan untuk memudahkan anak tunagrahita dalam pembelajaran operasi hitung matematika dengan pendampingan dari pihak sekolah dan orang tua anak tunagrahita.

Author Biographies

Izza Afifah Fatihatur Rahmah, S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wiwik Widajati, S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-04-04
Abstract Views: 437