KETERAMPILAN BINA DIRI BERMEDIA BOOKLET KEBERSIHAN DIRI SAAT MENSTRUASI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
Abstract
Siswa tunagrahita mempunyai tingkat kemampuan intelektual rendah yang menyebabkan kurang mampu dalam melakukan aktivitas secara mandiri dan cenderung membutuhkan bantuan dari orang lain dan membutuhkan media khususnya booklet dalam aktivitas sehari-hari. Hal tersebut berdampak pada saat siswa tunagrahita pubertas yang mengalami masa menstruasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan bina diri bermedia booklet kebersihan diri saat menstruasi siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode literatur riview. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil riview11 jurnal yang berkaitan dengan menstruasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil kajian tersebut bahwa keterampilan bina diri bermedia booklet kebersihan diri saat menstruasi siswa tunagrahita ringan diperoleh data tatacara tahapan menstruasi antara lain menggunakan pembalut, mengganti pembalut, membuang pembalut, membersihkan diri saat menstruasi. Simpulan keterampilan bina diri bermedia booklet kebersihan diri saat menstruasi siswa tunagrahita ringan dengan cara pendampingan menjadikan kemandirian siswa tunagrahita ringan sangat dibutuhkan untuk kedepannya.