PENGGUNAAN MANIPULATIF VIRTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK DISKALKULIA

  • Risda Ardiana Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Manipulatif virtual sebagai salah satu teknologi bantu digital yang efektif untuk mendukung pemahaman konseptual anak diskalkulia tentang konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan manipulatif virtual pada pembelajaran matematika anak diskalkulia. Metode literature review yang digunakan dalam penelitian dengan tahapan identifikasi masalah, menyusun judul dan topik penelitian, menentukan kata kunci dan kriteria literature, menentukan database, penyaringan data, menganalisis data, dan pelaporan hasil. Sumber pencarian artikel melalui database online : Researchgate, SAGE, Z-lib, dan Google Scholar. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa penggunaan manipulatif virtual berdampak pada pemahaman matematika anak diskalkulia diantaranya : kemampuan mengenali operasi bilangan pecahan dengan penyebut yang berbeda, luas dan keliling bangun geometri, dan persamaan aljabar. Anak diskalkulia lebih terminimalisir kemampuan berhitungnya melalui manipulatif virtual serta lebih mudah memahami langkah-langkah pembelajaran matematika.

Author Biographies

Risda Ardiana, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Manipulatif virtual sebagai salah satu teknologi bantu digital yang efektif untuk mendukung pemahaman konseptual anak diskalkulia tentang konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan manipulatif virtual pada pembelajaran matematika anak diskalkulia. Metode literature review yang digunakan dalam penelitian dengan tahapan identifikasi masalah, menyusun judul dan topik penelitian, menentukan kata kunci dan kriteria literature, menentukan database, penyaringan data, menganalisis data, dan pelaporan hasil. Sumber pencarian artikel melalui database online : Researchgate, SAGE, Z-lib, dan Google Scholar. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa penggunaan manipulatif virtual berdampak pada pemahaman matematika anak diskalkulia diantaranya : kemampuan mengenali operasi bilangan pecahan dengan penyebut yang berbeda, luas dan keliling bangun geometri, dan persamaan aljabar. Anak diskalkulia lebih terminimalisir kemampuan berhitungnya melalui manipulatif virtual serta lebih mudah memahami langkah-langkah pembelajaran matematika

Asri Wijiastuti, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-04-04
Abstract Views: 107