PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KETERAMPILAN VOKASIONAL BERJUALAN ONLINE UNTUK SISWA TUNARUNGU

  • Winda Widyasari Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran keterampilan vokasional berjualan online dibutuhkan bagi tunarungu. Hambatan pendengaran yang dimiliki tunarungu mengakibatkan permasalahan pada aspek vokasional, sehingga perlu diterapkan pembelajaran berjualan online dengan menggunakan buku panduan sesuai dengan kondisi siswa. Penelitian ini bertujuan dari untuk mengembangkan media pembelajaran sebuah buku panduan keterampilan vokasional berjualan online siswa tunarungu, dan menguji tervalidasinya media tersebut. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE yang dimodifikasi melalui 4 tahapan ADDIE antara lain Analysis, Design, Development, dan Implementation. Teknik pengumpulan data diperoleh dari uji validasi ahli media, ahli materi dan uji praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan dari validasi ahli materi 95,58%, ahli bidang media 81,66%, dan uji validasi praktisi/guru 93,05% menggunakan instrumen/angket. Simpulan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengembangan buku panduan keterampilan vokasional sangat baik dan layak digunakan sebagai materi pembelajaran berjualan online kepada siswa tunarungu.

Author Biographies

Winda Widyasari, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Purbaningrum, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-04-04
Abstract Views: 68