IMPLEMENTASI ASSISTIVE TECHNOLOGY VIDEO ANIMASI MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN AUTISM SPECTRUM DISORDER
Abstract
Assistive technology digunakan dan dimodifikasi sebagai media yang mempermudah pemahaman materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi assistive technology video animasi matematika sebagai media pembelajaran matematika pada peserta didik dengan gangguan autism spectrum disorder. Metode literature review diterapkan dalam penelitian ini dengan tahapan merumuskan masalah penelitian, menyusun judul dan topik penelitian, menentukan kata kunci dan kriteria literature, menentukan database yang digunakan, serta melakukan penyaringan data. Sumber literature diakses melalui penelusuran elektronik publikasi Google Scholar, ResearchGate, Springer Link, JPI dan SAGE dengan melakukan analisis data secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa mengimplementasikan assistive technology video animasi pada peserta didik dengan gangguan autism spectrum disorder dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang dikemas dengan memvisualisasikan benda dan karakter animasi dalam bentuk yang variatif dan warna yang menarik dapat membuat peserta didik lebih tertarik dan memfokuskan perhatianya pada pembelajaran, sehingga dapat mempermudah pemahaman materi pada peserta didik dengan gangguan autism spectrum disorder.