PENGARUH METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU DI SDLB – B KARYA MULIA 1 SURABAYA

  • Alfi Safa'atul Hidayah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu. Pendekatan penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan jenis Pre Experimental One Group Pre Test – Post Test. Subjek penelitian siswa SDLB B Karya Mulia 1 Surabaya dengan sampel kelas 3 dan 4, berjumlah 8 orang siswa dengan tunarungu. Variabel bebas penelitian metode PQ4R dan variabel terikatnya kemampuan membaca pemahaman. Pengumpulan data dilakukan dengan test, yaitu Pre Test dan Post Test.. Data hasil penelitian dihitung dan analisis dengan uji Wilcoxon Match Pair Test. Analisis data menggunakan statistik nonparametrik didapatkan hasil nilai Zhitung 2,52 lebih besar jika dibandingkan dengan Ztabel 1,96 dengan nilai kritis 5%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas 3 dan 4 di SDLB B Karya Mulia 1 Surabaya.

Author Biographies

Alfi Safa'atul Hidayah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Purbaningrum, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)

Published
2022-04-04
Abstract Views: 41