Tinjauan Literatur: Interactive Whiteboard sebagai Assistive Technology dalam Proses Pembelajaran Anak Tunagrahita
Abstract
Perkembangan terbaru dalam teknologi asistif Interactive Whiteboard (IWB) telah memainkan peran yang menentukan pemenuhan kebutuhan belajar siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan IWB sebagai teknologi asistif dalam pembelajaran anak tunagrahita. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan memanfaatkan database literatur elektronik menggunakan strategi pencarian kata kunci, sehingga sumber data yang digunakan berupa sumber data sekunder. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa penggunaan IWB memungkinkan guru untuk mendukung pengembangan sumber daya, meningkatkan prestasi, memotivasi siswa tunagrahita untuk berinteraksi dengan aspek pembelajaran, menunjukkan keterampilan TIK, dan melibatkan pedagogi di dalam kelas. IWB melibatkan beberapa praktik yang terbukti mampu meningkatkan performa belajar siswa tunagrahita melalui peningkatan minat belajar dan keterlibatan selama proses pembelajaran. Hal tersebut meliputi, 1) konsep pemodelan, proses, dan keterampilan dilakukan dalam berbagai cara; 2) melibatkan interaksi siswa tunagrahita untuk menanggapi pertanyaan dan petunjuk guru secara aktif; 3) memberikan umpan balik secara langsung bagi siswa tunagrahita dan guru; 4) perkembangan siswa tunagrahita dapat dipantau secara langsung oleh guru dan dapat dengan mudah disadari perkembangannya oleh siswa itu sendiri.
Kata Kunci: Papan Tulis Interaktif (IWB), Teknologi Asistif, Tunagrahita