METODE FERNALD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA
Abstract
Metode Fernald diakui dapat meningkatkan ingatan dalam membentuk kemampuan membaca anak disleksia. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara deskriptif melalui beberapa sumber literature penerapan metode fernald untuk meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia. Metode penelitian yang digunakan literature review dengan mengumpulkan sumber data atau karya ilmiah yang bersifat kepustakaan. Pengumpulan data diperoleh melalui data base elektronik, dengan jumlah artikel nasional maupun internasional terpilih yang terindeks. Analisis data menggunakan metode analisis eksposisi, dengan menjelaskan sumber data maupun fakta, korelasi antara sumber data dan diambil kesimpulan. Setelah melalui kajian literatur, disimpulkan hasil yang relevan berupa penerapan metode fernald meningkatkan pemahaman membaca anak disleksia.
Kata Kunci : metode Fernald, pemahaman membaca, anak disleksia