IMPLEMENTASI ETHNO-STEM KRIYA KERAMIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTIS
Abstract
Pembelajaran IPA memiliki manfaat untuk meningkatkan kreativitas, rasa ingin tahu, pemikiran rasional, mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai ilmiah, serta pengalaman sains dalam kehidupan sehari-hari pada siswa dengan gangguan spektrum. Pembelajaran ini disesuaikan dengan karakterisrik siswa dengan gangguan autis yang beragam, salah satunya yaitu berkaitan dengan kecerdasan rata-rata hingga di atas rata-rata. Ethno-STEM menjadi pendekatan yang mengakomodasi karakteristik intelektual tingkat tinggi. Penerapan Ethno-STEM mengintegrasikan pembuatan kriya keramik teknik cetak tuang dengan pembelajaran IPA. Tujuan penelitian yaitu menganalisis implementasi Ethno-STEM kriya keramik dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan gangguan spektrum autis. Tujuan khusus penelitian ini meliputi menganalisis asesmen formatif IPA, proses pembelajaran IPA, dan proses pengerjaan soal IPA. Pendekatan penelitiannya yakni kuantitatif dengan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Hasil analisa data menunjukkan implementasi Ethno-STEM kriya keramik dapat meningkatkan hasil asesmen formatif IPA dengan skor PEM-T sebesar 100% kriteria very effective, implementasi Ethno-STEM kriya dapat meningkatkan hasil proses pembelajaran IPA dengan skor PEM-T sebesar 100% kriteria very effective, dan implementasi Ethno-STEM kriya keramik dapat meningkatkan hasil proses pengerjaan soal IPA dengan skor PEM-T sebesar 100% kriteria very effective.
Kata Kunci: Ethno-STEM, kriya keramik, IPA, autis