PENGARUH PERMAINAN HALANG RINTANG TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK AUTIS DI SLB NEGERI GEDANGAN SIDOARJO
Abstract
Permainan halang rintang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Demikian dengan konsentrasi belajar bermanfaat agar anak dapat fokus terhadap sesuatu yang diamati. Berkaitan dengan hal tersebut maka konsentrasi belajar anakautis yang kurang perlu ditingkatkan dengan permainan halang rintang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan permainan halang rintang terhadap konsentrasi belajar anak autis di SLB Negeri Gedangan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek dalam penelitian ini dua subyek anak autis (laki-laki dan perempuan) dengan karakteristik kebutuhan sensory vestibular dan konsentrasi belajar kurang. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan persentase data yang tidak tumpang tindih (PND). Pada fase baseline (A) dilakukan sebanyak 5 sesi. ALM mampu berkonsentrasi selama 4 menit sampai 5 menit sedangkan MHS mampu berkonsentrasi selama 3 sampai 4 menit dan fase intervensi (B) dilakukan sebanyak 7 sesi. ALM mampu berkonsentrasi selama 6 menit sedangkan MHS mampu berkonsentrasi selama 4 menit sampai 5 menit. Pada hasil analisis data terkait perhitungan PND menunjukkan bahwa intervensi pada ALM 100 (sangat efektif) dan MHS 85 (efektif). Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan permainan halang rintang dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak autis.. Penelitian ini merupakan pembaharuan dari penelitian sebelumnya yang mengkaji penggunaan permainan halang rintang dalam meningkatkan kemampuan motorik anak. Pada penelitian ini, fokusnya berbeda, yaitu menggunakan permainan rintangan untuk meningkatkan konsentrasi belajar.
Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Permainan Halang rintang, autis