PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BENTUK BANGUN RUANG PESERTA DIDIK TUNARUNGU

  • Widyadhari Milenia Vanosta Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Masitoh Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Problem Based Learning (PBL) di era abad 21 termasuk penting untuk diterapkan karena memberikan kesempatan peserta didik untuk berpeluang menyelidiki peristiwa multidimensi dengan perspektif yang lebih dalam sehingga kemampuan berpikir kritis dan berpikir ilmiah mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan mengidentifikasi bentuk bangun ruang peserta didik tunarungu kelas 1 SDLB di SLB Negeri Gunungsari Bojonegoro yang berjumlah 10 orang. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dan one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan analisis data menggunakan uji non parametrik Wilcoxon (Uji W) dengan SPSS versi 29.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata keseluruhan sampel penelitian dari pre-test 40,63 menjadi 81,88 pada post-test dan p-value uji wilcoxon penelitian ini lebih kecil dari α (0,05) yakni α (0,04) sehingga “Ha diterima”. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan mengidentifikasi bentuk bangun ruang peserta didik tunarungu di SLB Negeri Gunungsari Bojonegoro.

Kata Kunci: Problem based learning, bangun ruang, tunarungu.

Author Biographies

Widyadhari Milenia Vanosta, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Masitoh, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-12
Abstract Views: 25