IMPLEMENTASI GAME EDUKASI NUMBER KIDS PADA PEMBELAJARAN BERHITUNG PENJUMLAHAN SISWA SPEKTRUM AUTIS

  • Juanda Pratiti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Pamuji Pamuji Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Game edukasi Number Kids bermanfaat untuk memudahkan siswa spektrum autis dalam belajar berhitung penjumlahan secara intraktif dan menyenangkan. Manfaat belajar berhitung penjumlahan bagi siswa spektrum autis adalah untuk mendukung kehidupan sehari-hari siswa saat beraktivitas yang melibatkan berhitung penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa spektrum autis melalui pemanfaatan game edukasi Number Kids. Metode eksperimental dengan desain A-B dan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah satu siswa laki-laki spektrum autis berusia 7 tahun yang bersekolah di SDLB. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan analisis menggunakan teknik Percentage of Data Exceeding a Median Trend of the Baseline Level (PEM-T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi game edukasi Number Kids efektif meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan, dengan skor analisis PEM-T mencapai 100% pada kriteria "sangat efektif". Penilaian hasil belajar juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dari fase baseline ke fase intervensi dengan skor analisis PEM-T mencapai 100% pada kriteria "sangat efektif". Dapat disimpulkan bahwa penggunaan game edukasi Number Kids bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa spektrum autis.

Kata Kunci: Number Kids, Berhitung Penjumlahan, Autis.

Author Biographies

Juanda Pratiti, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pamuji Pamuji, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-12
Abstract Views: 49