PENERAPAN INTERVENSI MEMORI KERJA ANAK DISLEKSIA DENGAN STRATEGI KOPING SKALA PRIORITA

  • Syafita Maulidya Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Kurrotun Ainin Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini penting untuk dilakukan karena koping skala prioritas dapat meningkatkan kemampuan memori, management waktu, mengelola dan menerima informasi , memori kerja dalam bahasa,  menulis dan membaca bagi anak disleksia.. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan memori kerja anak disleksia dengan koping skala prioritas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian dengan penentuan fokus pada permasalahan, karatristik dan solusi koping strategi pada individu disleksia, pengumpulan data yang didapatkan dari  individu disleksia, menggunakan pengolah data dengan teknik interactive model Miles dan Huberman yang mendiskripsikan dan membahas hasil penelitian, pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu, dan memberikan hasil laporan.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa individu disleksia mengalami permasalahan pada memori kerja dengan berbagai karateristik yaitu; kemampuan mengorganisasi, kemampuan manajemen waktu, menerima dan mengelolah informasi, memori kerja pada bahasa, menulis dan membaca serta memori kerja pada matematika, sehingga memerlukan strategi koping untuk mengatasinya seperti membuat planningkegiatan, list tugas, alarm pengingat, serta meminta tolong orang lain mengingatkan.

 

Kata Kunci : Disleksia, Memori Kerja

Author Biographies

Syafita Maulidya, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Ima Kurrotun Ainin, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-13
Abstract Views: 27