PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ACTIVTIES BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB-C AKW KUMARA II SURABAYA
Abstract
Pengenalan warna pada anak memiliki manfaat untuk merangsang indera penglihatan otak, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan daya ingat anak. Pemanfaatan media activities book bertujuan untuk mempercepat pemahaman anak melalui unsur visual, bersifat fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak, dan dapat dipakai berulang-ulang. Hal tersebut juga dapat digunakan untuk pembelajaran mengenal warna bagi anak tunagrahita ringan.Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh penggunaan media activities book terhadap kemampuan mengenal warna pada anak tunagrahita ringan di SDLB-C AKW Kumara II Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan penelitian pre eksperimental dengan desain one-grup pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Z hitung sebasar 2,80 Z tabel sebesar 1,645, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan media activities book terhadap kemampuan mengenal warna pada anak tunagrahita ringan di SDLB-C AKW kumara II Surabaya.
Kata kunci : Activities book, warna, tunagrahita ringan.