PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ACTIVTIES BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB-C AKW KUMARA II SURABAYA

  • Indah Melati Putriasti Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengenalan warna pada anak memiliki manfaat untuk merangsang indera penglihatan otak, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan daya ingat anak. Pemanfaatan  media activities book bertujuan untuk mempercepat pemahaman anak melalui unsur visual, bersifat fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak, dan dapat dipakai  berulang-ulang. Hal tersebut juga dapat digunakan untuk pembelajaran mengenal warna bagi anak tunagrahita ringan.Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh penggunaan media activities book  terhadap kemampuan mengenal warna pada anak tunagrahita ringan di SDLB-C AKW Kumara II Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan penelitian pre eksperimental dengan desain one-grup pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa Z hitung sebasar 2,80  Z tabel sebesar 1,645, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan media activities book terhadap kemampuan  mengenal warna pada anak tunagrahita ringan di SDLB-C AKW kumara II Surabaya.

Kata kunci : Activities book, warna, tunagrahita ringan.

Author Biographies

Indah Melati Putriasti, Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Murtadlo Murtadlo, Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-13
Abstract Views: 28