PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL UANG SISWA AUTIS DI SLB HARMONI SIDOARJO

  • Imrothul Janah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Widajati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemampuan mengenal uang perlu dikuasai oleh siswa autis karena dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Siswa autis mengalami kesulitan dalam mengenal uang sehingga memerlukan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Dalam penelitian ini dengan metode role playing yang dapat mendorong siswa belajar mengenal uang melalui pengalaman secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode role playing terhadap kemampuan mengenal uang siswa autis. Subjek pada penelitian ini berjumlah 7 siswa autis di SLB Harmoni Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe desain one group pre-test post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Wilcoxon Match Pairs Test dengan bantuan SPSS V.26.0. Hasil penelitian menunjukkan Ztabel 1,96 < Zhitung 2,36 dan Asymp. (2-tailed) 0,017 < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya penerapan metode role playing dalam pembelajaran matematika berpengaruh terhadap kemampuan mengenal uang siswa autis di SLB Harmoni Sidoarjo.  Hasil tersebut juga didukung dengan adanya peningkatan nilai rata-rata sebelum perlakuan sebesar 40,32 menjadi 78,16 setelah diberikan perlakuan.

Kata Kunci: role playing, mengenal uang, autis

Author Biographies

Imrothul Janah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wiwik Widajati, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-17
Abstract Views: 98