PENGARUH METODE MULTISENSORI DENGAN MEDIA APLIKASI BELAJAR MENULIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK DISGRAFIA
Abstract
Menulis permulaan sangat penting dimiliki oleh setiap anak, karena memiliki manfaat untuk mendukung keberhasilan akademis dan sarana utama bagi guru untuk mengukur kemajuan belajar. Metode multisensori dan aplikasi belajar menulis merupakan salah satu metode dan media yang dapat menggabungkan semua indera ke dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengaktifkan berbagai bagian otak anak disgrafia secara bersamaan, hal tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis anak disgrafia. Tujuan penelitian yaitu mengukur pengaruh penerapan metode multisensori dengan aplikasi belajar menulis terhadap kemampuan menulis permulaan anak disgrafia. Pendekatan penelitiannya yakni kuantitatif dengan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Hasil analisa data menunjukkan penerapan metode multisensori dengan aplikasi belajar menulis dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan skor PND sebesar 80. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dari penerapan metode multisensori dengan media aplikasi belajar menulis terhadap kemampuan menulis permulaan anak disgrafia.
Kata Kunci: Multisensori, Aplikasi Belajar Menulis, Menulis Permulaan, Disgrafia.