PENGEMBANGAN PANDUAN PROGRAM TOILET TRAINING ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER BAGI ORANG TUA

  • Varena Alya Putri Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengetahuan orang tua tentang toilet training pada anak Autism Spectrum Disorder (ASD) yang masih kurang, menjadi kendala dalam mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak pada masa selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan program toilet training khusus bagi orang tua anak dengan ASD. Pendekatan pengembangan panduan ini dilakukan secara langsung, yaitu anak diajarkan tentang langkah-langkah toilet training dengan mempraktekannya secara langsung. Panduan program ini dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik khusus anak dengan ASD, seperti kecenderungan terhadap rutinitas, sensitivitas sensorik, dan kesulitan dalam beradaptasi dengan perubahan. Dengan adanya program ini dapat membantu mempermudah orang tua dalam meningkatkan kemandirian serta kedisiplinan anak saat buang air sesuai jadwal. Panduan program ini menggunakan metode pengembangan model Thiagarajan, dimana hanya menggunakan 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Data hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli materi dan validasi ahli media dengan menggunakan instrumen penilaian angket tertutup. Skala penilaian menunjukkan tingkat kelayakan produk. Hasil validasi ahli meateri menunjukkan kriteria penilaian 3 “SETUJU”, validasi ahli media menunjukkan kriteria penilaian yang berbeda, namun memenuhi kriteria kelyakan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan panduan program toilet training anak autism spectrum disorder agi orang tua layak digunakan sebagai sarana orang tua.

 

Kata Kunci : Auitism Spectrum Disorder, Orang Tua, Panduan Program Toilet Training.

Author Biographies

Varena Alya Putri, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Pudjiastuti Sartinah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-17
Abstract Views: 34