EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK DISLEKSIA
Abstract
Kemampuan berinteraksi sosial perlu dimiliki oleh siswa disleksia, karena dapat meningkatkan kemampuan untuk bertahan hidup dalam agen sosial di lingkungan sekolah. Siswa disleksia memiliki hambatan dalam interaksi sosial yakni memiliki sikap provokatif dan pemilih teman, sehingga memerlukan metode pembelajaran yang bertumpu pada keaktifan dan kerja tim. Teams games tournament merupakan pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran kooperatif terhadap interaksi sosial disleksia di SD KITA Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis eksperimen. Subjek dalam penelitian 1 siswa disleksia kelas 5, dengan jenis penelitian eksperimenĀ single subject research desain A-B. Analisis data menggunakan percentage of nonoverlapping data. Perolehan data didapat melalui observasi fase A (baseline) selama 5 kali dan fase B (intervensi) selama 6 kali. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada subjek, denganĀ percentage of nonoverlapping data 100 sehingga disimpulkan sangat efektif untuk disleksia yang memiliki hambat pada interaksi sosial.
Kata Kunci: interaksi sosial, disleksia, teams games tournament.