EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL TATA BOGA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU SMALB – B KARYA MULIA SURABAYA

  • Ajeng Widyarini Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wagino Wagino Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan vokasional tata boga menjadi sebuah usaha yang diberikan kepada peserta didik tunarungu dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kecakapan hidup agar dapat menjalani kehidupan secara mandiri dan berperan aktif dalam lingkungan sekitar. Dalam pemberian keterampilan vokasional tata boga memerlukan model dan media pembelajaran yang dirancang sesuai dengan karakteristiknya. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran langsung bermedia video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pemberian video pembelajaran terhadap kemampuan vokasional tata boga pada peserta didik tunarungu. Subjek penelitian ini yakni peserta didik tunarungu yang mengikuti kelas vokasional tata boga sebanyak 7 siswa SMALB – B Karya Mulia Surabaya yang masih memerlukan peningkatan dalam pembelajaran tata boga. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre eksperimental one group pre-test post-test. Dari hasil penelitian uji statistik yang telah dianalisis menggunakan progran SPSS 26 menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai 0,18 lebih kecil dari 0.05. Maka dapat diambil kesimpulan, bahwa hasil analisis pengujian hipotesis media video pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan vokasional tata boga membuat dimsum sayur isi ayam pada peserta didik tunarungu di SMALB – B Karya Mulia Surabaya.

Kata Kunci: Video Pembelajaran, Vokasional, tunarungu.

Author Biographies

Ajeng Widyarini, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wagino Wagino, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-20
Abstract Views: 33