PENGARUH PENDAMPINGAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN BERSUSUN PADA ANAK TUNARUNGU

  • Okta Dwi Nilasari Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Masitoh Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendampingan orangtua di rumah perlu diterapkan karena dapat memberikan bimbingan yang tepat kepada anak yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang didapatkan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji adanya pengaruh pendampingan orangtua terhadap hasil belajar matematika penjumlahan bersusun pada anak tunarungu kelas 3 SDLB dengan usia 10-12 tahun yang bersekolah di SLB ABD Negeri Tuban yang berjumlah 6 anak tunarungu ringan, namun pelaksanaan penelitian di rumah masing-masing anak tunarungu tersebut. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dan rancangan one group pretest-postest design. Data dikumpulkan dengan teknik tes soal matematika penjumlahan bersusun dan analisis data menggunakan uji non parametrik Wilcoxon dengan SPSS versi 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata pada 6 sampel yang telah saya tentukan , penelitian dari pre-test 71,66 menjadi 94,16 pada post-test. Peningkatan nilai dari pre-test ke post-test didukung dengan pendampingan orangtua sebelumnya atau treatment 5 kali dengan durasi 25 menit setiap sesi. P-value uji wilcoxon penelitian ini lebih kecil dari α (0,05) yaitu α(0,024) sehingga “Ha diterima”. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh pendampingan orangtua terhadap hasil belajar matematika penjumlahan bersusun pada anak tunarungu.

Kata Kunci: pendampingan orangtua, hasil belajar, anak tunarungu

Author Biographies

Okta Dwi Nilasari, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Masitoh, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-20
Abstract Views: 40