PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID BERBENTUK LEARN BY FLASHCARD (LEBARD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK CEREBRAL PALSY DI SLB NEGERI GEDANGAN

  • Farcharina Eka Widianti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sujarwanto Sujarwanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemampuan matematika khususnya pada numerik sangat penting dikuasai oleh peserta didik cerebral palsy

karena matematika merupakan dasar dari berbagai ilmu serta berkaitan erat dengan kehidupan sehari – hari. Teknologi asistif diperlukan untuk meningkatkan kemampuan aritmatika pada peserta didik cerebral palsy yang mayoritas mengalami kesulitan, khususnya pada aspek numerik. Learn By Flashcard (LEBARD) memberikan pemahaman konsep dasar bilangan asli sampai 20 dengan electronic flashcard yang mengadaptasi latihan menulis, membilang, menghitung, menjumlahkan, serta mengurutkan bilangan dalam bentuk digital yang didesain dengan berbagai animasi sehingga meningkatkan minat peserta didik dan motivasi belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media berbasis android berbentuk Learn by Flashcard (LEBARD) berdasarkan penilaian: 1) Ahli Media diperoleh skor total 72,00 yang termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dengan persentase 85,71% yang termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”, 2) Ahli Materi diperoleh skor total 78,00 yang termasuk dalam kriteria “Baik” dengan persentase 75% yang termasuk dalam kriteria “Layak”, serta 3) Praktisi pembelajaran peserta didik cerebral palsy diperoleh skor total 121,00 yang termasuk dalam kriteria “Baik” dengan persentase 77,56% yang termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Dengan demikian, media berbasis android berbentuk Learn by Flashcard (LEBARD) layak digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya pada konten ajar bilangan asli sampai dengan 20.

Kata Kunci : Learn By Flashcard (LEBARD), Android, Matematika

Author Biographies

Farcharina Eka Widianti, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Sujarwanto Sujarwanto, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-24
Abstract Views: 25