IMPLEMENTASI TEKNOLOGI SPEECH TO TEXT TERHADAP LITERASI SAINS PADA ANAK TUNARUNGU

  • Neyzza Laili Cahya Firdana Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Literasi sains sangat penting bagi anak tunarungu. Dengan memiliki kecakapan literasi sains, anak tunarungu mampu memecahkan masalah – masalah yang dialaminya. Penerapan literasi sains pada anak tunarungu pada kondisi pandemi Covid-19 yaitu dengan memecahkan masalah karena adanya virus Covid yang tersebar diseluruh daerah maka diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar. Dengan adanya masalah tersebut anak tunarungu akan berpikir secara kritis, tentang bagaimana cara menggunakan masker dan mencuci tangan dengan benar. Karena perbendaharaan kata yang sangat terbatas, anak tunarungu akan mengandalkan indera yang masih berfungsi. Anak tunarungu merupakan anak visual, sehingga dengan adanya teknologi asistif dapat untuk memahami kata dan kalimat dengan menggunakan Speech to Text yaitu suara yang akan dirubah menjadi bentuk tulisan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mensintesis barbagai artikel tentang speech to text pada anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah literatur review dan mendapatkan 10 artikel yang relevan dengan pembahasan. Hasil yang didapat dari penelitian yang dilakukan adalah teknologi asistif ini dapat meningkatkan literasi sains pada anak tunarungu yaitu dengan menggunakan teknologi speech to text.

Kata Kunci : Tunarungu, Speech To Text, Literasi Sains

Author Biographies

Neyzza Laili Cahya Firdana, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Asri Wijiastuti, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-28
Abstract Views: 42