PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN SEKS ANAK DENGAN AUTISME

  • Devi Wulan Agustina Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Febrita Ardianingsih Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk memberikan gambaran terkait peran orang tua dalam pendidikan seks remaja dengan autism. Studi literatur ini disusun dengan keyakinan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pendidikan seks kepada remaja dengan autisme sehingga mereka akan memiliki pengetahuan terkait hal tersebut dan mencegah adanya perilaku seksual yang menyimpang ataupun kemungkinan adanya pelecehan seksual kepada remaja dengan autisme. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dari jurnal-jurnal hasil penelitian yang relevan dan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif sebagai pemecahan masalah. Hasil kajian diperoleh bahwa orang tua merupakan peran utama dalam pendidikan seks dikarenakan lingkungan keluarga adalah lingkungan utama yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak, dan orang tua adalah sosok yang terdekat dengan anak. Terdapat beberapa permasalahan yang harus dihadapi orang tua untuk memberikan pendidikan seks kepada remaja dengan autisme diantaranya: (1) karakteristik autisme yang mengalami kesulitan dalam komunikasi dan interaksi sosial sehingga membuat orang tua sulit memberikan pendidikan seks, (2) Kondisi fisik dan psikis dari anak dan orang tua, (3) kurangnya pemahaman orang tua terkait batasan-batasan dalam pemberian pendidikan seks yang sesuai dengan karakteristik anak.

Kata Kunci: peran orang tua, pendidikan seks, spektrum autisme.

Author Biographies

Devi Wulan Agustina, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Febrita Ardianingsih, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-28
Abstract Views: 23