PEMANFAATAN MEDIA UNO STACKO MODIFIKASI MENGENALKAN BILANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • Nabilla Noer Affni Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mahmudah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemampuan mengenal bilangan memiliki peran yang sangat penting karena bermanfaat untuk melatih anak berpikir logis dan sistematis serta pembelajaran matematika dapat digunakan sebagai tolok ukur kognitif anak tunagrahita ringan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk menganalisis ada tidaknya manfaat media uno stacko modifikasi pada kemampuan mengenal bilangan anak tunagrahita ringan. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitaif dengan desain penelitian pre-eksperimental tipe one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini berjumlah 10 siswa tunagrahita ringan kelas 4 dan 5 di SLB Bakti Asih Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata sebelum perlakuan sebesar 37,5 dan setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata menjadi 70,8. Dari pengujian statistic Wilcoxon dengan manual diperoleh Zt<Zh atau 1,96<2,2 dan pada uji Wilcoxon menggunakan SPSS yaitu Asymp. Sig. (2-tailed) < 5 % atau 0,27<0,05, maka artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media uno stacko modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bilangan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Bakti Asih Surabaya.

Kata Kunci: Uno Stacko Modifikasi, Bilangan, Tunagrahita ringan

Author Biographies

Nabilla Noer Affni, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Mahmudah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-28
Abstract Views: 29