PENGARUH INTERVENSI BERBAHASA TERHADAP ANAK SPECIFIC LANGUAGE IMPAIRMENT

  • Dian Wahyu Wilujeng Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Suarabaya

Abstract

Anak dengan Specific Language Impairment (SLI) beresiko mengalami kesulitan belajar, kesulitan membaca, dan kesulitan menulis. Kesulitan belajar akan berimplikasi pada pencapaian akademik yang kurang, masalah perilaku, dan penyesuaian psikososial. Kesulitan berbahasa pada anak SLI membutuhkan intervensi yang dapat berkontribusi untuk mengatasi ataupun memberikan solusi terhadap masalah ini. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji literatur intervensi berbahasa yang dapat berpengaruh pada kemampuan berbahasa pada anak -anak dengan SLI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode literature review yaitu dengan mengidentifikasi, menilai dan menginterpretasi artikel ilmiah, buku, dan sumber-sumber lain yang relevan dan berfokus pada intervensi berbahasa anak SLI. Populasinya seluh anak yang menderita SLI dan sampel yang digunakan sebagian anak maupun semua anak yang menderita SLI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi berbahasa dengan menggunakan berbagai metode dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak SLI dan berbagai macam metode yang berbeda dan setiap subjek memiliki tujuan terapeutiknya sendiri berfokus pada bahasa ekspresif dengan menggunakan pendekatan implisit dan eksplisit yang diimplementasikan sebagai terapi individu

 

Kata Kunci: Intervensi berbahasa, Specific Language Impairment

Author Biographies

Dian Wahyu Wilujeng, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Purbaningrum, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Suarabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Suarabaya

Published
2023-07-31
Abstract Views: 23