STUDI DESKRIPTIF: PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA DI SLB A YPAB TEGALSARI KOTA SURABAYA
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an braille bagi siswa tunanetra pada jenjang sekolah dasar diberikan sebagai bekal dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta dapat menguatkan kemampuan membaca Al-Qur’an braille ketika dewasa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Al-Qur’an braille. Medote penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara medalam kepada guru agama, guru Al-Qur’an Braille, siswa tunanetra, kepala sekolah dan guru umum, observasi kegiatan pembelajaran, dan dokumentasi. Teknis keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Al-Qur’an braille bermanfaat pada siswa tunanetra. Media pembelajaran berupa buku panduan cepat membaca Al-Qur’an braille dengan menggunakan talaqqi serta menekankan pendekatan korelatif braille abjad dan braille arab, dan evaluasi pembelajaran berupa ujian membaca Al-Qur’an Braille yang tersusun sesuai materi yang diajarkan. Diharapkan dalam pembelajaran Al-qur’an braille menggunakan buku panduan cepat membaca Al-qur’an braille tersebut.
Kata Kunci : Pembelajaran, Al-qur’an Braille, Tunanetra