PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED-LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN SEBAGAI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB BANGUN BANGSA SURABAYA

  • Rahmania Adinda Oktavianti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran IPA perlu dikuasai siswa tunarungu karena bermanfaat untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan melatih berpikir anak secara ilmiah tentang konsep alam sehingga anak memiliki sikap ingin menjaga serta melestarikan alam di kehidupan sehari-hari. Project Based Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran tunarungu agar siswa mampu menemukan pengetahuan secara mandiri dan bermakna sesuai dengan konteks dunia nyata. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa tunarungu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen tipe design one group pre- test pos-test. Subjek penelitian berjumlah 6 siswa tunarungu kelas IV di SLB Bangun Bangsa Surabaya. Hasil analisis Wilcoxon menunjukkan hasil Ztabel = 1,96 < Zhitung = 2,20 dan Asymp. Sig. (2-tailed) 0,027 < 0,05 pada uji aplikasi SPSS, dapat disimpulkan bahwa penerapan PjBL memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajaroIPA siswa tunarungu di SLB Bangun Bangsa Surabaya sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan referensi dalam mengajarkan IPA kepada anak tunarungu. Implikasi penerapan PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa tunarungu. Selain itu penerapan PjBL meningkatkan rasa ingin tahu dan kemandirian siswa terhadap lingkungan alam sekitar.

Kata Kunci: Project Based Learning, hasil belajar, tunarungu

Author Biographies

Rahmania Adinda Oktavianti, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Purbaningrum, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-08-02
Abstract Views: 29