PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK AUTISM SPECTRUM DISORDER DI SLB NEGERI CERME GRESIK
Abstract
Motorik halus penting bagi peserta didik ASD untuk menunjang beragam aktivitas, sehingga menjadikan peserta didik lebih mandiri dan meningkatkan kepercayaan diri. Kemampuan motorik halus dapat membantu peserta didik menyesuaikan diri dalam pembelajaran disekolah,bermain bersama teman,dan mengembangkan konsep diri. Na mun, ditemukan bahwa kemampuan motorik halus peserta didik ASD kurang berkembang secara optimal sesuai dengan tahapanusiapadaumumnya,sehinggaperlu ditingkatkanmelaluipenggunaanmediascrapbook.Mediatersebutdapat menstimulasi kemampuan motorik halus dan menarik minat peserta didik ASD. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikanpengaruhpenggunaanmediascrapbookterhadapkemampuanmotorikhaluspesertadidik ASD di SLB Negeri Cerme Gresik. Subjek penelitian ini berjumlah 7 peserta didik ASD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pre-test post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu wilcoxon match pair test dengan bantuan tabel wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan T hitung = 0 < T tabel = 2 dengan nilai kritis 5% yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media scrapbook terhadap kemampuan motorik halus peserta didik ASD. Implikasi penelitian ini yaitu media scrapbook dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan motorik halus, konsentrasi, kepatuhan dalam mengikuti instruksi, serta kemampuan dalam mengenal warna,jenis hewan,tumbuhan,dan benda lain yang dapat bermanfaat bagi peserta didik di kehidupan nyata.
Kata kunci: scrapbook,motorik halus, autism spectrum disorder.