PEMANFAATAN MODEL OBJECT ATTACHMENT UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI VERBAL PADA AUTIS KELAS IV DI SLB NEGERI CERME

  • Enggar Fadillah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Pamuji Pamuji Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan komunikasi penting bagi peserta didik autisme. Model objek attachment dapat dimanfaatkan sebagai sarana memulai komunikasi dengan peserta didik autis karena dapat memikat daya tarik terhadap objek, memberikan rasa nyaman, dan percaya sehingga dapat membantu berinteraksi di kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan model objek attachment untuk meningkatkan keterampilan komunikasi verbal peserta didik autis meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan teknik analisis data Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini pada persiapan ditemukan peserta didik autis yang memiliki objek attachment yang beragam, lalu pada pelaksanaan terdapat peserta didik autis yang tidak mampu untuk menirukan respon orang lain terhadap objek, dan pada evaluasi terdapat peserta didik autis dapat berkomunikasi verbal dengan menirukan respon orang lain terhadap objek attachment dan menyebutkan nama objek attachment dengan baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pemanfaatan model objek attachment dapat meningkatkan keterampilan komunikasi verbal peserta didik autis. Implikasi penelitian ini yakni model objek attachment dapat meningkatkan ketrampilan komunikasi verbal sehingga berdampak pada kehidupan sehari-hari dan membuat peserta didik menjadi lebih komunikatif. Oleh karena itu model objek attachment dapat dijadikan refrensi guru untuk menciptakan media pendukung untuk melatih komunikasi verbal pada peserta didik autisme.

Kata Kunci : model objek attachment, komunikasi verbal, siswa autis

Author Biographies

Enggar Fadillah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pamuji Pamuji, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-08-08
Abstract Views: 23