IMPLEMENTASI COMIC STRIP CONVERSATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERCAKAPAN PESERTA DIDIK ASD DI SLB HARMONI GEDANGAN SIDOARJO

  • Adinda Larasati Asmara Purbandini Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Febrita Ardianingsih Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan percakapan penting untuk memberikan informasi yang sesuai dan dapat mempengaruhi penerima pesan. Peserta didik ASD memiliki kesulitan dalam melakukan keterampilan percakapan dengan baik. Peserta didik dapat diberikan media yang tepat yaitu comic strip conversation untuk meningkatkan keterampilan percakapan, melatih keberanian dalam menyampaikan pendapat, melatih peserta didik untuk memvisualkan materi pembelajaan serta melatih peserta didik untuk bertanya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan keterampilan percakapan peserta didik ASD melalui penerapan comic strip conversation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek penelitian satu peserta didik ASD. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan keterampilan percakapan peserta didik ASD melalui comic strip conversation. Media ini dapat dijadikan referensi untuk mengajarkan keterampilan percakapan kepada peserta didik ASD. Implikasi penerapan comic strip conversation dapat meningkatkan keterampilan percakapan, rasa empati, memudahkan memahami materi pembelajaran, memvisualkan materi pembelajaran bagi peserta didik termasuk ASD.

Kata Kunci: comic strip conversation, percakapan, ASD

Author Biographies

Adinda Larasati Asmara Purbandini, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Febrita Ardianingsih, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-08-15
Abstract Views: 32