PENGARUH TASK ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN MERAWAT DIRI SISWA AUTIS DI SLB AL CHUSNAINI

  • Meilda Puspitasari Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Kurrotun Ainin Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemampuan merawat diri penting untuk diajarkan pada siswa autis agar tidak selalu bergantung pada oranglain dan dapat mandiri di lingkungannya. Siswa sutis membutuhkan suatu teknik untuk meningkatkan kemampuan merawat diri siswa. Salah satu teknik yaang dapat digunakan yaitu task analysis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh task analysis terhadap kemampuan merawat diri siswa autis di SLB Al Chusnaini. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B. Jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 1 siswa autis berjenis kelamin perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan melalui pengamatan pada fase baseline dan fase intervensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada anak, hal ini dibuktikan dengan perhitungan percentage of nonoverlapping data (PND) yang menunjukkan nilai 100 sehingga dikatakan intervensi yang diberikan sangat efektif bagi kemampuan merawat diri pada siswa autis di SLB Al Chusnaini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa task analysis berpengaruh dalam kemampuan merawat diri siswa autis di SLB Al Chusnaini. Implikasi hasil penelitian ini yaitu task analysis dapat digunakan oleh pendidik dalam mengajarkan kemampuan merawat diri ataupun ketrampilan yang lainnya dengan tahapan yang sederhana memudahkan siswa autis memahami langkah-langkah penyelesaian tugas.

Kata kunci: Task Analysis, merawat diri, autis

Author Biographies

Meilda Puspitasari, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Ima Kurrotun Ainin, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-09-30
Abstract Views: 6