PEMANFAATAN MEDIA FLASHCARD PADA AKTIVITAS MEMBACA HURUF HIJAIYAH BRAILLE SISWA TUNANETRA KELAS 6 DI SLB NEGERI GEDANGAN

  • Anin Nur Alfiatin Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Acep Ovel Novari Beny Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran huruf hijaiyah memiliki manfaat agar siswa dapat membedakan makharijul huruf hijaiyah, membaca huruf arab braille, dan menjadi bekal dalam membaca Al-Qur’an sehingga siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa tunanetra memiliki hambatan dalam menerima informasi secara visual sehingga untuk belajar membaca huruf hijaiyah memerlukan media yang memudahkannya. Flashcard menjadi media yang mengakomodasi siswa tunanetra dalam belajar membaca huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas membaca huruf hijaiyah braille siswa tunanetra kelas 6 di SLB Negeri Gedangan dengan memanfaatkanmedia Flashcard. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Singel Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan adalah A-B-A. Dengan subjek satu siswa tunanetra total (totally blind) yang belum mampu membaca hurufhijaiyah braille. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisis visual yang digunakan untuk membuat kesimpulan berdasarkan data yang didapat dengan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian berdasarkan analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan adanya pengaruh Flashcard terhadap hasil belajarsiswa dalam membaca huruf hijaiyah. dan implikasi media Flashcard dapat digunakan oleh seorang pendidik dalam menyampaikan isi materi pembelajaran membaca huruf hijaiyah dan dapat membantu siswa dalam mengingat serta mengkaji materi yang diberikan oleh pendidik di dalam kelas.

Author Biographies

Anin Nur Alfiatin, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Acep Ovel Novari Beny, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-10-11
Abstract Views: 13