PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT BATIK ECOPRINT BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN TTINGKAT SMALB DI SLBN GUNUNGSARI BOJONEGORO

  • Maria Dewi S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan vokasional perlu dimiliki peserta didik tunagrahita agar dapat memberi potensi bagi individu dalam dunia pekerjaan serta mandiri dengan keterampilan yang dimilikinya. Project based learning (PjBL) membuat peserta didik terlibat aktif di dalam aktivitas pembelajaran melalui sintaks pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan adanya pengaruh model Project based learning (PjBL) terhadap keterampilan vokasional membuat batik ecoprint bagi peserta didik yang berjumlah 6 orang. Jenis penelitian pre-eksperimen. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan dianalisis dengan menggunakan uji non parametrik wilcoxon (Uji W). Hasil dari perolehan nilai rata- rata tertinggi pada pre-test sebesar 45,63 dan setelah diberikan perlakuan hasil rata-rata tertinggi pada post tes menjadi 91,87 menunjukkan adanya peningkatan setelah diberi perlakuan. Hasil analisis data uji wilcoxon nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,027 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa ada pengaruh signifikan dari modelproject based learning (PjBL) terhadap keterampilan vokasional membuat batik ecoprint bagi peserta didik tunagrahita ringan tingkat SMALB di SLBN Gunungsari Bojonegoro. Implikasi penelitian pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap keterampilan vokasional ini dapat memberikan dampak bagi guru dan orang tua untuk mempermudah melatih peserta didik tunagrahita khususnya dalam bidang keterampilan serta memotivasi peserta didik tunagrahita untuk menekuni kemampuan yang dimiliki sehingga memiliki keahlian dalam bidang keterampilan vokasional.

Kata kunci : Project based learning (PjBL), batik ecoprint, tunagrahita.

Author Biographies

Maria Dewi, S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Endang Pudjiastuti Sartinah, S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-11-02
Abstract Views: 34