MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUANMENYUSUN KALIMAT BAGI SISWA TUNARUNGU

  • Lalu Gilang Alghifari Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wagino Wagino Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran menyusun kalimat pada siswa tunarungu diberikan untuk meningkatkan pemaham siswa tunarungu tentang makna bahasa, pemahaman konsep kalimat berpola S-P-O-K, serta menambah kemampuan mereka berkomunikasi dan bersosialisasi saat bermasyarakat. Model induktif kata bergambar merupakan model pembelajaran yang dominan menggunakan sebuah gambar dalam penerapannya, selaras dengan karakeristik siswa tunarungu yang dimana siswa tunarugu mengandalkan visual dalam menangkap suatu informasi. Model induktif kata bergambar bermanfaat untuk belajar meneliti struktur kalimat model induktif juga bermanfaat untuk meningkatkan kosakata, keterampilan analisis strukut fonetik, dan meningkatkan minat baca Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model induktif kata bergambar terhadap kemampuan menyusun kalimat bagi siswa tunarungu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif jenis penelitian Pre-Experimental design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametric dengan uji Wilcoxon SPSS versi 26.0. Subyek penelitian berjumlah delapan siswa tunarungu kelas empat dan lima di SLB Negeri 1 Lombok Barat. Dari hasil penelitian menunjukkan nilai Z= -2,585 dan pada uji Wilcoxon menggunakan SPSS yaitu Asymp. Sig. (2- tailed) < 5 % atau 0,010. Dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran menggunakan model induktif kata bergambar berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat bagi siswa tunarungu di SLB Negeri 1 Lombok Barat. Implikasi pada penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran menggunakan model induktif kata bergambar memiliki peran yang cukup penting karena dapat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis sereta melatih kemandirian dan keterampilan bekerja sama.

Kata Kunci : Model Induktif kata bergambar, Kalimat, Tunarungu.

Author Biographies

Lalu Gilang Alghifari, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wagino Wagino, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-11-29
Abstract Views: 26