PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DALAM KETERAMPILAN VOKASIONAL BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN DI SMALB-C AKW II SURABAYA
Abstract
Keterampilan vokasional perlu dimiliki peserta didik tunagrahita agar dapat memberi potensi bagi individu dalam dunia pekerjaan serta mandiri dengan keterampilan yang dimilikinya. Video tutorial memandu peserta didik dalam memahami suatu materi secara visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan penggunaan media video tutorial terhadap keterampilan vokasional peserta didik tunagrahita ringan di SMALB-C AKW II Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest dan uji yang digunakan adalah Wilcoxon. Data dikumpulkan dengan Teknik tes dan dianalisis dengan menggunakan uji non parametrik Wilcoxon (Uji W). Hasil dari perolehan nilai tertinggi pada pre test 34,0 dan setelah diberikan perlakuan hasil tertinggi pada post test 65,2 menunjukkan adanya peningkatan setelah diberikan perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan Zh 2.80 dan Zt 1.96, maka interprestasinya Ha > Ho. Jadi, Ha diterima, artinya terbukti bahwa ada pengaruh penggunaan media video tutorial dalam keterampilan vokasional peserta didik tunagrahita ringan di SMALB-C AKW II Surabaya. Implikasi penelitian penerapan media video tutorial dalam keterampilan vokasional ini dapat memberikan dampak bagi guru dan orang tua untuk mempermudah melatih peserta didik tunagrahita khususnya dalam bidang keterampilan serta motivasi peserta didik tunagrahita untuk menekuni kemampuan yang dimiliki sehingga memiliki keahlian dalam bidang keterampilan vokasional.
Kata kunci: Media Video tutorial, Tunagrahita ringan